Berbagai Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan

Posted on

Manfaat Jahe Merah – Jahe saat ini sudah akrab di telinga masyarakat Indonesia. Tanaman ini sangat terkenal karena menjadi bahan minuman yang lezat seperti sekoteng, bandrek dan wedang jahe. Minuman-minuman tersebut juga mudah untuk ditemui seperti di angkringan misalnya.

Asal-usul jahe kemungkinan besar berasal dari India. Ada juga yang menyebutkan bahwa jahe berasal dari Tiongkok Selatan. Mulai dari India, jahe kemudian dibawa sebagai barang rempah yang diperdagangkan hingga Asia Tenggara, Tiongkok, Jepang, hingga Timur Tengah. Dan pada zaman kolonialisme dahulu, jahe digunakan untuk menghangatkan tubuh dan rasa pedasnya digunakan pada makanan. Jahe juga sempat menjadi komoditas yang populer di Eropa saat itu.

manfaat jahe merah

Jahe tumbuh subur di ketinggian 0 – 1500 meter di atas permukaan laut. Berbeda dengan jahe gajah, jahe jenis ini hanya bisa hidup subur di ketinggian 500 hingga 950 meter. Untuk membuat hasil panen leih optimal, kita jahe membutuhkan curah hujan 2500 hingga 3000 mm per tahun, kelembapan 80% dan tanah lembap dengan PH 5,5 hingga 7,0 dan unsur hara tinggi. Tanah yang digunakan untuk budidaya juga tidak boleh tergenang.

Tak hanya minuman, jahe juga banyak digunakan untuk bumbu masakan-masakan di Indonesia. Selain itu bisa digunakan juga untuk obat kesehatan. Jahe juga merupakan tanaman yang memiliki banyak vairetas. Varietas jahe yaitu ada jahe gajah atau jahe emprit, jahe badak, jahe kuning, dan terakhir jahe merah. Jahe merah inilah yang memiliki kandungan minyak atsiri tinggi dan rasa paling pedas, sehingga sangat cocok digunakan sebagai bahan dasar farmasi dan jamu. Rimpangnya berukuran paling kecil dengan kulit berwarna merah, serta serat lebih besar jika dibandingkan dengan jahe biasa.

Manfaat umum jahe merah yaitu untuk menghangatkan badan, sebagai penambah nafsu makan, peluruh keringat, terakhir mencegah serta mengobati masuk angin. Selain itu, jahe jenis ini berguna untuk atasi radang pada tenggorokan/bronkitis, rematik, sakit pada pinggang, lemah syahwat, nyeri pada lambung, meningkatkan daya stamina, meredakan asma, mengobati kepala yang pusing, nyeri pada otot, ejakulasi dini, serta melancarkan ASI.

Jahe merah kini diolah dengan berbagai bentuk olahan. Olahan tersebut dijual bebas di pasaran Indonesia bahkan mancanegara. Bentuknya olahan tersebut bisa berupa jahe instan, serbuk jahe, sirop jahe, rajangan kering (simplisia), dan terakhir adalah permen. Kini kita dibuat semakin mudah untuk menikmatinya.


Kanddungan Jahe Merah

Tanaman jahe merah juga berkhasiat sebagai pencahar, antirematik, serta peluruh ketika masuk angin. Kandungan dalam jahe merah yaitu minyak asiri yang terdiri dari zingeberin, kamfena, lemonin, zingiberen, zingiberal, gingeral, dan shogool. Kandungan lain dari jahe merah ini yaitu minyak damar, pati, asam organik, asam malat, asam aksolat, dan gingerin.

Manfaat Jahe Merah

manfaat jahe merah

 

  1. Jahe Merah mampu melancarkan peredaran darah. Kandungan gingerol yang dimiliki jahe bersifat antikoagulan dan bisa mencegah terjadinya penggumpalan pada darah. Pembuluh darah yang tersumbat merupakan penyebab utama dari penyakit stroke dan serangan jantung.
  2. Ekstrak jahe merah sangat berguna dan bermanfaat untuk mengatasi perut kembung dan nyeri.
  3. Jahe Merah mampu obati gangguan pada pencernaan beserta iritasi usus.
  4. Jahe Merah mampu obati migrain. Di sebuah studi menunjukkan jahe dapat menghentikan prostaglandin, yang dimana prostaglandin merupakan salah satu faktor penyebab sakit kepala. Dengan demikian, jahe dapat untuk mengurangi migrain atau sakit kepala sebelah.
  5. Kandungan gingerol pada jahe merah ini juga bermanfaat untuk mengurangi panas demam dan batuk.
  6. Mampu atasi rematik. Jahe merah terdapat kandungan yang dapat mengurangi rasa sakit dan mengurangi bengkak pada sendiri. Penyakit rematik atau encok dapat disembuhkan dengan menggunakan jahe merah.Cara menggunakannya sangat mudah, rebus beberapa rimpang jahe merah dengan temu lawak, kumis kucing, cabe jawa, dan daun komfrey, kemudian air rebusan diminum dua kali sehari.
  7. Jahe merah mampu sembuhkan batuk. Selain melegakan, jahe juga bisa untuk menyembuhkan batuk. Dan bisa juga untuk atasi radang tenggorokan. Jahe merah memiliki sifat yang menghangatkan. Dan inilah yang dapat membantu proses pembuhkan penyakit batuk dan radang pada tenggorokan.
  8. Jahe juga mampu turunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. INi dikarenakan jahe merah mampu melancarkan peredaran dalam darah. Sehingga kolesterol jahat dalam tubuh akan hancur secara tidak langsung .
  9. Jahe merah ternyata juga bermanfaat untuk kecantikan.  Karena ternyata, ia juga mampu menghilangkan jerawat.  Untuk mengatasi jerawat dengan jahe merah caranya mudah. Jahe pertama kita bersihkan, lalu pijatkan pada wajah hingga keluar minyaknya kemudian tutup muka dengan irisan jahe merah.
  10. Membantu proses diet. Jahe merah bisa dimanfaatkan untuk diet dengan cara meminum minuman yang berbahan jahe merah secara rutin.
  11. Bagi kamu yang tak suka dengan perut buncit, mengkonsumsi makanan atau minuman yang berbahan jahe adalah solusinya. Jahe Merah juga bermanfaat untuk melancarkan sistem metabolisme dan pencernaan. Peningkatan kerja sistem metabolisme tersebut dapat mempercepat pembakaran kalori, sehingga dapat meratakan perut yang buncit.
  12. Menurunkan tekanan darah. Jahe dapat untuk merangsang pelepasan hormon adrenalin dan juga dapat memperlebar pembuluh darah, yang dapat mengakibatkan darah mengalir menjadi lebih lancar dan lebih cepat serta dapat meringankan kerja jantung dalam memompa darah.
  13. Jahe merah mampu turunkan berat badan. Dengan minum wedang jahe merah, darah membakar kalori menjadi panas tubuh, sehingga mengakitbatkan jahe tidak mengakibatkan  berat badan jadi naik.
  14. Jahe merah mampu atasi sakit gigi. Nyeri pada gusi dan sakit gigi ini dapat diobati dengan jahe karena jahe bersifat antijamur dan antibakteri.
  15. Jahe dapat membuat siklus menstruasi terjadi secara teratur. Di China, jahe dicampur gula merah dalam teh. Minuman ini dikonsumsi bertujuan untuk mengurangi kram pada saat menstruasi.
  16. Ekstrak jahe merah bermanfaat juga untuk penderita arthritis dan osteoarthritis. Dengan jahe merah, penderita bisa disembuhkan tanpa efek samping.
  17. Mampu bersihkan kotoran dalam tubuh. Jika sering mengkonsumsi jahe secara kontinu, ini mampu membuat tubuh menjadi berkeringat. Dengan keringat inilah kotoran-kotoran dalam tubuh bisa dibuang.
  18. Mampu memerangi sel kanker. Nutrisi yang terdapat di dalam kandungan jahe dapat bermanfaat untuk meredam perkembangan sel-sel kanker dalam tubuh. Sejumlah studi menyatakan bahwa ekstrak jahe bisa dimanfaatkan untuk memerangi berbagai macam kanker.
  19. Mampu turunkan kolesterol jahat. Dengan mengkonsumsi jahe secara rutin, kita juga akan mendapatkan manfaat mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah beserta hati.
  20. Gingerol juga memiliki berfungsi sebagai antikoagulan. Antikoagulan ini mampu mencegah terjadinya penggumpalan darah.
  21. Zat yang terkandung  di jahe merah juga bisa merangsang pelepasan hormon adrenalin. Dengan ini jahe juga mampu memperlancar aliran peredaran darah.
  22. Mengobati luka gigitan ular. Cara menggunakan jahe untuk mengobati luka gigitan ular dengan menumbuk rimpang dan diberi sedikit garam, lalu tempelkan pada luka bekas gigitan ular beracun dan ini hanya digunakan sebagai pertolongan pertama, untuk penanganan lebih lanjut penderita dibawa ke rumah sakit.
  23. Meredakan rasa sakit. Pereda rasa sakit alami dan juga dapat digunakan untuk meredakan sakit kepala. Cara menggunakan dengan minum wedang jahe 3 kali sehari atau bisa juga dengan minum wedang ronde, mengulum permen jahe, dan menambahkan jahe pada makanan seperti : soto, semur, atau pun rendang.
  24. Membuat tubuh lebih perkasa. Senyawa yang terkandung di dalam jahe ada yang bersifat inklamasi. Ini efektif untuk membangun otot bagian tubuh seperti otot lengan. Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa dengan mengkonsumsi jahe secara rutin akan membantu mengurangi rasa sakit pada otot ketika latihan fisik yang berlebihan.
  25. Sebagai obat mabuk saat di perjalanan. Jahe diyakini dapat mengurangi rasa mual dan juga mampu atasi jet lag.
  26. Bersifat anti alergi. Manfaat jahe bersama ekstrak biji anggur dapat bermanfaat untuk membantu mengurangi demam dan masalah serupa yang seringkali dapat terjadi selama musim alergi.
  27. Mengatasi morning sickness. Badan merasa tidak enak, ingin mual, perut merasa kembung dan pada pagi hari, termasuk wanita hamil. Morning sickness bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi minuman berbahan jahe.
  28. Dapat mengangkal radikal bebas. Salah satu dari kandungan jahe merah yaitu antioksidan. Zat ini mampu mengatasi zat yang merusak yang disebabkan oleh radikal bebas.
  29. Senyawa gingerol yang terdapat dalam kandungan jahe merah bertanggung jawab sebagai aroma menyengat yang berkhasiat untuk anti-inflamasi.
  30. Pereda nyeri dan sendi kaku. Dalam sebuah uji klinis bahwa dapat disimpulkan jahe ternyata dapat menghilangkan rasa sakit seperti yang saya sebutkan diatas, meningkatkan pergerakan pada sendi, serta mengurangi pembengkakan yang terkait dengan rheumatoid arthritis. Manfaat jahe yang lainnya juga dapat untuk membantu meredakan nyeri pada punggung dan sakit kepala seperti migrain.

 

Khasiat dan manfaat jahe merah yang lain

manfaat jahe merah

Khasiat lain yang dimiliki oleh jahe merah yaitu untuk menyembuhkan migren, sakit kepala, membuat sirkulasi darah menjadi lancar, mengatasi kembung , mengobati rematik, mengatasi amandel, ED,  dan pegal linu.

Selain itu jahe merah juga bisa berkhasiat untuk mendongkrak vitalitas pria alami, merangsang produksi ASI, meningkatkan produksi getah bening, menjaga imunitas tubuh, dan daya tahan sperma menjadi lebih kuat. Elemen farnesal pada jahe merah mampu cegah proses penuaan dini. Hal ini karena jahe merah mampu merangsang regenerasi sel kulit .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *