Beragam Manfaat Ikan Air Tawar

Posted on

Ikan merupakan salah satu dari beberapa makanan yang umum dan favorit untuk beberapa orang. Terdapat beberapa jenis ikan yang dapat kita jumpai. Salah satunya yaitu ikan air tawar. Beberapa ikan air tawar yang banyak digemari yaitu ikan lele, ikan mujair, ikan guramen, ikan mas, ikan gurame, ikan bawal dan ikan nila. Ikan inilah yang biasa dibudidayakan oleh pembudidaya. Ikan air tawar juga dapat hidup di sungai, waduk, danau, dan kolam. Untuk persediaanya pun tak pernah habis.

manfaat ikan air tawar

 

Lantas bagaimana manfaat dari ikan air tawar ini? Kita contohkan saja ikan nila dan mujaer. Kedua ikan ini mengandung beragam zat yang baik bagi tubuh seperti omega 3, selenium, fosfor, kalium, vitamin B12, niasin/vitamin B-3, vitamin B6, dan asam pantotenat/vitamin B-5. Dari kandungan ikan air tawar ini, berarti manfaatnya juga banyak. Selanjutnya kami akan sajikan beragam manfaat ikan air tawar ini.

Ikan Air Tawar bermanfaat untuk mengkekarkan otot

Ikan air tawar terdapat banyak mengandung protein di dalamnya. Protein ini memiliki fungsi untuk membantu proses pembentukan otot tubuh. Jadi bagi  yang ingin memiliki otot tubuh yang kekar dan berisi harus mencukupi kebutuhan protein.

Menjadi sumber energi tubuh

Kandungan protein di dalam ikan air tawar ini juga berfungsi sebagai sumber energi. Protein merupakan sumber makanan cadangan. Sehingga apabila karbohidrat dalam tubuh tidak ada, protein inilah sebagai gantinya yang akan di bakar menjadi energi.

Memperlancar peredaran dalam darah


Ikan air tawar juga memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Zat besi ini bermanfaat bagi kelancaran peredaran darah. Sehinga bermanfaat juga untuk membuat tubuh sehat dan segar bugar serta terhindar dari beragam penyakit seperti penyakit jantung, penyumbatan pembuluh darah serta serangan stroke.

Menyeimbangkan kolesterol dalam tubuh

Jenis ikan air teawar mampu menurunkan kolesterol jahat. Ini disebabkan oleh kandungan lemak baik yang dimilikinya. Lemak ini mampu membantu menyeimbangkan kolesterol baik dan jahat dalam tubuh.

Bermanfaat bagi kesehatan mata

Kesehatan mata juga dapat ditingkatkan dengan memakan ikan jenis air tawar ini. Hal ini dikarenakan ikan air tawar memiliki kandungan berupa vitamin A di dalamnya. Dengan mengkonsumsi vitamin A secara teratur, kita akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik, terhindar dari berbagai penyakit mata seperti katarak dan rabun mata.

Baik untuk tulang kita

Vitamin D juga terkandung di dalamnya. Apa sih manfaat vitamin D ini? Vitamin D berfungsi untuk mempertahankan struktur tulang kta. Sehingga membuat tulang lebih kuat dan tidak terkena osteoporosis. Berfungsi juga untuk menambah tinggi badan.

Meningkatkan metabolisme tubuh

Metabolisme dalam tubuh bisa ditingkatkan dengan mengkonsumsi ikan air tawar. Bagi yang lagi menjalani diet, ikan air tawar mampu memperlancarnya.

Mencegah gejala anemia

Zat besi dalam kandungannya, ini mampu untuk menghindari adanya penyakit anemia. Anemia atau kekurangan darah dapat membuat penderitanya merasa pusing, mual, lemas, mudah lelah dan serta rentan terhadap penyakit.

Melindungi jantung kita

Ikan air tawar mengandung berbagai mineral dan vitamin yang baik bagi jantung. Dengan begitu kinerja jantung menjadi lebih optimal. Dapat terhindar pula dari penyakit jantung.

Leave a Reply