Apa Penyebab Selalu Merasa Lelah? Ini Jawabannya

Posted on

Biasanya orang akan merasa lelah ketika sudah bekerja seharian tanpa istirahat. Intinya, hal yang bisa membuat tubuh merasa lelah adalah setelah kita menjalankan aktifitas yang berat.

Alasan yang paling banyak dijumpai saat merasa lelah yaitu kebiasaan sehari-hari. Dimulai dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari, kurang tidur, dan jarang berolah raga. Contohnya, pada saat kita mengkonsumsi makanan manis, ini karena kandungan gula dalam darah akan meningkat secara drastis.

Penyebab Selalu Merasa Lelah

Jadi usahakan kita makan makanan yang seimbang, sehingga jadi tidak mudah lelah. Untuk tipsnya, kita makan jangan langsung yang ke manis, makan secara bertahap. Sehingga gula dalam darah tidak naik secara drastis. Kejadian seperti ini biasanya terjadi di saat bulan Ramadhan.

Kurang tidur juga membuat tubuh menjadi lemas dan lelah. Usahakan tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak kafein saat mau tidur. Karena, tidur merupakan cara terbaik untuk menghilangkan penat dan lelah.

Aktifitas olahraga yang tidak teratur atau bahkan tidak pernah melakukannya, ini akan membuat tubuh mudah merasa lelah. Olahraga sebenarnya memiliki manfaat untuk membuat tubuh menjadi lebih kuat dan bertenaga dalam menjalani semua aktivitas.

Namun selain dari tiga faktor tersebut, ada juga faktor lain yang mampu membuat tubuh selalu merasa lelah. Jika lelah tersebut diatasi namun tidak kian merasa membaik,  Bila mengatasi faktor yang disebutkan sebelumnya tidak membuat rasa lelah berkurang, ada hal lain yang perlu diwaspadai. Berikut ini ringkasannya.


Mungkin ada masalah dengan kelenjar tiroid
Kelelahan yang dialami lebih akan lebih cenderung terjadi karena lemah dan lesu. Kelenjar tiroid yang sangat aktif maupun tidak aktif, ini akan berpengaruh pada tersedianya energi di tubuh. Dengan melakukan tes darah, Anda akan mengetahui apakah ada masalah atau tidak pada kelenjar tiroid. Apabila masah tersebut berasal dari kelenjar tiroid ini, maka segeralah ambil tindakan lebih lanjut.

Terkena Penyakit Anemia
Anemia merupakan  penyebab sering dijumpai oleh kebanyakan orang yang sering merasa lelah. Cara mengecek apakah kita mengalami penyakit anemia yaitu dengan melakukan tes darah sederhana. Anemia dapat diatasi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi besi. Misalnya yaitu daging dan sayur dengan daun hijau. Apabila mengalami kekurangan bzat besi sudah kronis, sebaiknya mengkonsumsi suplemen.

Terserang sleep apnea
Apabila sering merasa lelah dan mengantuk di siang hari. Mungkin bisa jadi Anda terkena gangguan tidur. Jika tidur disertai dengan mendengkur, sebaiknya melakukan tes tidur untuk mengetahui apakah terserang gangguan tidur, sleep apnea. Sleep apnea merupakan berhenti napas yang terjadi di saat tidur. Sleep apnea bisa mengganggu tubuh apabila kita tidak memperhatikannya.

Dokter biasanya merekomendasikan penggunaan C-PAP. C-PAP memiliki fungsi agfar tidur menjadi lebih nyenyak. C-PAP merupakan singkatan dari continuous positive airway pressure. Ini adalah alat yang digunakan untuk membantu orang dengan gangguan sleep apnea obstruktif (OSA). Ia berguna untuk membuat nafas menjadi lebih mudah selama tidur.

Bisa juga karena gangguan jantung
Merasa lelah yang dibarengi dengan sesak napas perlu kita waspadai. Ini bisa jadi organ jantung yang bermasalah. Misalnya gangguan tersebut adalah  kardiomiopati, pertumbuhan berlebih dari otot jantung. Cara mengatasinya yaitu dengan melakukan perubahan pola makan atau  operasi untuk mengangkat jaringan ataupun menanam alat pacu jantung.

Lelah karena depresi
Apabila lelah diikuti dengan kesedihan maupun hilang nafsu makan, dan ditambah dengan tidak bisa menemukan kesenangan. Mungkin in terjadi karena anda terserang depresi. Sebaiknya anda memeriksakannya ke dokter Anda. Sehingga masalah ini dapat diatasi.

Leave a Reply