Apa Penyebab Sakit Pinggang? Ini Jawabannya

Posted on

Rata-rata, semua orang sudah pernah mengalami sakit pinggang. Sakit ini bisa mengakibatkan kita tidak dapat bekerja karena sulit bangun dari tempat tidur. Sakit pinggang biasanya terjadi karena kita kecapean setelah bekerja selama seharian. Namun untuk mengetahui penyebab pasti dari sakit pinggang yang dialami, kita perlu memriksakannya ke dokter.

Apa Penyebab Sakit Pinggang? Ini Jawabannya

Umumnya keluhan sakit pinggang biasanya dikaitkan dengan susunan dan fungsi tulang belakang. Tulang belakang disusun dari beberapa ruas yang bersatu fungsi. Hal ini mengakibatkan tulang melakukan gerakan yang diinginkan.

Nyeri dan kaku pinggang bisa terjadi di pagi hari. Setelah sekian lama sakit pinggang dirasakan selama bertahun-tahun sehingga akan merambat ke atas tulang belakang. Selanjutnya, ini akan mengakibatkan punggung menjadi kaku dan membungkuk.


Berikut adalah penyebab sakit pinggang :

  • Sakit pinggang bisa terjadi karena gangguan mekanik di bagian struktur dan kesatuan fungsi tulang belakang
    Yang kedua, sakit pinggang bisa terjadi karena gerakan atau sikap badan yang salah saat membungkuk serta mengangkat beban
  • Pemakaian sepatu dengan hak tinggi. Sehingga keadaan normal tulang belakang daerah pinggang mempunyai lengkungan ke depan. Kondisi inilah yang membuat pinggang menjadi sakit.
  • Tidur dengan alas yang terlalu lentur. Alas yang terlalu lentur daapat mengakibatkab tulang belakang mengikuti lenturan alas digunakan.
  • Kurang berolahraga. Ini akan menyebabkan kelenturan sendi-sendi dan jaringan menjadi berkurang.
  • Sakit pinggang bisa disebabkan oleh pengaruh efek suatu penyakit. Misalnya seperti gangguan ginjal, penyakit tulang, kanker, penyakit jantung, atau gangguan lainya seperti gangguan metabolik.

Sakit pinggang yang terjadi karena penyakit pada ginjal biasannya karena adanya kelainan di kandung kemih. Hal ini terjadi karena terdapat darah di air seni. Darah tersebut ada di kandung air seni karena terdapat kerusakan pada dinding saluran ginjal.

Leave a Reply