7 Cara Mudah Menghilangkan Komedo

Posted on

Ada beberapa masalah yang dapat muncul di bagian wajah. Diantaranya yaitu masalah yang sering terjadi yaitu jerawat dan komedo. Sehingga banyak pertanyaan mengenai bagaimana cara untuk menghilangkan komedo dari wajah. Sebagaian besar orang dengan komedo diwajah akan melakukan berbagai cara menghilangkan komedo unutk hasil cepat dan maksimal.

Komedo akan menyebalkan jika muncul di wajah. Komedo akan terjadi apabila pori-pori wajah terseumbat oleh sebum berlebih. Sebum merupakan kelenjar minyak atau kelenjar mikrosopik yang berada di bawah kulit yang dapat menghasilkan minyak.

Cara Menghilangkan Komedo
Cara Menghilangkan Komedo

Ada dua jenis komedo yaitu komedo berawarna hitam (blackheads) dan komedo berawarna putih (whiteheads). Perbedaanya hanya pada kondisi pori-pori apakah terbuka ataukah tidak. Apabila pori terbuka maka sel kulit akan teroksidasi oleh oksigen sehingga membuatnya berwarna hitam.

Menggosok wajah secara obsesif bukan merupakan cara yang baik untuk menghilangkan komedo. Justru, cara tersebut akan memperburuk kondisi yang sedang dialami. Hal ini dapat mengeringkan kulit. Ini hanyalah lingkaran setan. Sehingga jangan gunakan beberapa pembersih muka lebih dari 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Cara menghilangkan komedo sebenarnya tidak terlalu sulit. Komedo dapat dihilangkan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Untuk hasilnya cukup memuaskan.

1. Masker Putih Telur


Putih elur dapat digunakan sebagai masker. Putih telur dapat membuat pori-pori menjadi kencang sementara. Sehingga masker ini dapat mengurangi kemunginan resiko terkena komedo kembali dan menghilangkan komedo yang ada pada saat ini. Selain itu, putih telur juga memberikan nutrisi untuk kulit.

Bahan yang diperlukan :
1 butir telur
mangkuk
handuk bersih

Pisahkan kuning telur dari bagian putihnya kemudian masukan ke mangkuk. Kemudian bilas wajah Anda dan tunggu sampai kering.  Oleskan putih telur ke wajah. Sesudah lapisan pertama kering, ANda bisa menambahkan beberapa lapisan lagi. Namun jika lapisan sebelumnya kering terlebih dahulu ini tidak akan berhasil. Diamkan beberapa saat kurang lebih 30 menit. Setelah itu dibilas. Komedo akan terangkat bersama air saat membilas wajah.

2. Susu dan Madu

Susu dan madu, keduanya merupakan bahan alami yang membantu menjaga kesehatan kulit. Madu memiliki kemampuan antibakteri dan susu membuat kulit lembut dan kenyal. Pengkombinasian kedua bahan tersebut bertujuan untuk perekat.

Bahan yang diperlukan :
1 senmdok makan madu
1 sendok teh susu
kapas

Campurkan 1 sdm madu dengan 1 sdt susu. Kemudian panaskan selama 10 -15 detik di dalam microwave. Setelah itu aduk kembali agar tercampur merata. Apabila suhunya sudah mulai turun kemudian oleskan di atas komedo menjadi lapisan tipis. Selanjutnya tepik-tepuk menggunakan kapas dengan lembut. Tunggu sampai 20 menit sampai lapisan tersebut kering. Lepaslah lapisan tersebut dengan hati-hati. Bilas menggunakan air dingin.

3. Membasuh muka dengan Air

Cara menghilangkan komedo yang mudah yaitu dengan membasuh wajah dengan air. Sementara  masker wajah bekerja dengan menakjubkan, cara ini hanya bisa digunakan beberapa kali dalam seminggu untuk menghindari pengeringan kulit wajah. Jika ingin melakukan sesuatu setiap hari untuk mencegah komedo di wajah, membasuh muka dengan lembut menggunakan air 1-2 kali sehari adalah cara yang tepat.

Bahan yang diperlukan  :
air bersih
handuk bersih berbulu
Moisturizer

Membasuh wajah dua kali sehari dengan air bersih dan segar baik untuk mencegah komedo. Setelah itu keringkan menggunakan handuk dan setelah itu gunakan pelembab. Anda bisa membasuh wajah dua kali sehari yaitu pagi dan sore hari.

4. Menggunakan Toner Agar Pori-Pori Mengecil

Komedo disebakan kerena keadaan pori-pori yang terbuka, tersumbat dan bereaksi dengan oksigen. Sehingga mengecilkan pori-pori kulit masuk akal untuk dilakukan. Jus lemon mengandung zat astringent yang mampu menyelesaikan masalah ini. Untuk seseorang yang memiliki kulit sensitif, coba encerkan jus lemon terleih dahulu.

Bahan yang diperlukan :
1 lemon
bola kapas
botol kecil

Bilas wajah menggunakan air sampai bersih kemudian keringkan. Peras jus lemon ke dalam botol kecil dan gunakan untuk merendam bola kapas. Olesjan ke daerah kulit yang ada komedo. Lakukan hal ini 3 – 4 kali dalam seminggu pada saat mau tidur. Pada keesokan harinya dibilas menggunakan air hangat kemudian gunakan pelembab.

5. Gunakan Baking Soda & Air

Baking soda dapat menghilangkan komedo dari wajah. Namun penggunaannya jangan sampai berlebihan. Apabila pemakaian baking soda terlalu berlebihan maka akan mengeringkan kulit. Baking soda  digunakan untuk menghilangkan sesuatu yang menyumbat pada pori.

Bahan yang diperlukan :
1 bagian baking soda
Air biasa

Campur air dengan baking soda secukupnya untuk membentuk pasta yang tebal. Oleskan ke wajah menggunakan gerakan melingkar, pijat pasta ke kulit wajah. Bilas secara menyeluruh dengan air biasa, tepuk wajah.

6. Berolahraga untuk Mengeluarkan Keringat

Meski kelenjar keringat dan pori-pori folikel rambut tidak sama, namun dengan berkeringat akan membantu dalam meminimalkan komedo. Saat seseorang berkeringat, cairan alami mengalir sehingga melembutkan / menghaluskan segala sesuatu yang menyumbat pori-pori wajah.

Setelah melakukan kegiatan yang berkeringat, maka penting segera mencuci muka sebelum dan sesudahnya. APabila tidak melakukannya, maka pengaruhnya bisa merugikan.

Sesuatu yang diperlukan :
Kemauan untuk berolahraga atau sauna
Air segar
Handuk bersih berbulu

Bilas wajah sebelum melakukan sesuatu untuk mengeluarkan keringat, ini bertujuan untuk membuat keringat yang yang keluar adalah baik. Bilas wajah dengan air, dari pada keringkan dengan handuk bersih.

7. Menghangatkan Wajah dengan Uap Air

Cara menghilangkan komedo yang selanjutnya yaitu menggunakan uap air. Uap air mungkin tidak benar-benar membuka pori-pori tapi ini dapat membantu mengurangi penampilan dengan melembutkan sel-sel kulit mati yang terperangkap yang dapat mengisi pori-pori dan menghasilkan komedo.

Bahan yang diperlukan :
Mangkuk besar
Air
Lembut handuk bersih

Isi mangkuk dengan air mendidih. Biarkan dingin sebentar, lalu tutupi kepala Anda dengan handuk dan bersandar di atasnya selama 5-10 menit agar uap air mengendurkan pori-pori wajah (bentuk handuk seperti tenda sehingga tidak ada uap yang lolos.) Hati-hati jangan sampai sampai terlalu dekat karena berisiko membakar kulit wajah. Setelah selesai, bilas wajah menggunakan air hangat dan tepuk-tepuk dan kemudian keringkan dengan handuk bersih. Ulangi ini beberapa kali dalam seminggu, atau sesuai kebutuhan.

Itu adalah beberapa cara menghilangkan komedo. Biasakanlah hal-hal yang baik termasuk membasuh muka. Sehingga kulit wajah bersih dan terhindar dari masalah di wajah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *