14 Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan

Posted on

Manfaat Kacang Hijau – Kacang hijau adalah  salah satu jenis tanaman polong-polongan. Tanaman ini memiliki gizi didalamnya yang cukup tinggi. Misalnya yitu seperti protein, vitamin , serat, fosfor, kalsium serta lemak tak jenuh. Zat-zat tersebut ini ternyata sangat baik apabila kita konsumsi bagi kesehatan kita.

Kacang hijau sudah tak asing lagi utnuk kita. Ini karena ia mudah ditemukan serta memiliki harga yang relatif terjangkau. Kacang hijau ternyata juga bisa diolah dengan bermacam-macam makanan seperti kudapan manis, onde-onde, bubur kacang hijau, es kacang hijau, sereal untuk anak, puding dan lain-lain.

Manfaat Kacang Hijau

Untuk mendapat khasiat manfaat kacang hijau, sebaiknya kacang hijau tidak dimasak terlalu matan. Ini karena kacang hijau supaya gizi di dalamnya tidak berkurang. Dan air rebusan kacang hijau juga bermanfaat untuk kesehatan kulit serta membantu untuk proses penyembuhan luka.

Ada sedikit tips dalam mengolah dan mengkonsumsi kacang hijau. Pertama, kacang hijau yang direbus, sebaiknya tidak dicampur dengan santan untuk mendapakan khasiat dan manfaat sehatnya. Untuk menjadikan si kacang hijaunya menjadi lunak, sebaiknya kita rendam dulu selama semalaman. Habis itu, kita rebus kacang hingga airnya mendidih dengan api yang kecil. Selanjutnya kita angkat. Diamkan dalam waktu yang beberapa lama hingga menjadi dingin. Rebus kacang hijau untuk yang kedua kalin dengan api yang kecil juga. Minumlah air rebusan bersama dengan kacang hijaunya.

Kandungan Kacang Hijau
Sebelum berbicara manfaat kacang hijau, kita akan bahas mengenai kandungan dari kacang hijau. Kacang hijau memiliki bermagam kandungan gizi nutrisi misalnya yaitu seperti vitamin, protein, fosfor, kalsium, lemak dan serat. Zat-zat tersebut sangat baik untuk kesehatan. Kacang hijau bisa untuk dijadikan suplemen yang berguna dalam mencerdaskan otak anak kecil.

Untuk lebih detailnya. Kita bahas kandungan nutrisi kacang hijau, sebagai berikut ini.

  • Vitamin. Kacang hijau memnag memiliki vitamin yang amat banyak. Misalnya vitamin A, C, B1, asam folat, riboflamin B6, thiamin, niasin serta panthothenat.
  • Karbohidrat. Selain vitamin, kacang hijau juga ternyata mengandung karbohidrat. Kandugnan karbohidrat yang ada dalam kacang hijau yaitu sebesar 19 gram dalam setiap 100 gram kacang hijau.
  • Serat. Yang ketiga yaitu serat. Kandungan serat dapat membantu untuk melancarkan sistem pencernaan
  • Protein. Kacang hijau sudah terkenal memiliki banyak kandungan protein. Jenisnya yaitu protein nabati
  • Rendah lemak. Selain tinggi protein. Menariknya, kacang hijau ini sangat baik untuk yang menjalankan diet.

Manfaat Kacang Hijau

Berikut kami sajikan 13 manfaat kacang hijau untuk kesehatan kita.

1. Membantu pembentukan sel-sel tubuh
Pertama, kacang hijau mengandung zat protein lengkap. Protein lengkap ini memiliki fungsi untuk membantu pembentukan dari sel-sel tubuh. Misalnya sel-sel organ, otot dan otak. Protein sangat berperan dan berkaitan dalam perbaikan pertumbuhan badan.


2. Meningkatkan penyerapan nutrisi
Sebuah penelitian mengungkapkan defisiensi dari vitamin B dapat menyebabkan waktu pengosongan lambung serta usus yang dua kali lebih lambat. Ini mengindikasikan bahwa sukarnya proses pencernaan makanan yang terjadi dikemungkinan bahwa makanan tersebut tidak bisa diserap secara baik.

Kecambah kacang hijau sendiri ia mengandung enzim-enzim aktif didalamnya yang mampu meningkatkan penyerapan nutrisi dalam proses metabolisme di dalam tubuh.

3. Memperbaiki saluran pencernaan
Kacang hijau mengandung tinggi serat. Ini berfungsi dalam membantu membersihkan saluran pencernaan. Selain itu, serat juga memiliki manfaat dalam meningkatkan gerak peristaltik usus shingga ia dapat mengurangi waktu kotoran yang menumpuk dalam usus. Seratnya juga memiliki peran untuk menurunkan kolesterol jahat.

4. Membantu metabolisme energi
Manfaat kacang hijau yaitu memiliki peran dalam membantu proses aktifitas metabolisme dalam tubuh. Hal ini karena didalamnya terkandung vitamin B, vitamin inilah yang membantu dalam proses metabolisme pencernaan karbohidrat.

5. Kesehatan mata
Sudah kita ketahui juga bahwa hampir semua makanan mengandung vitamin A. Termasuk untuk kacang hijau sendiri, ia mendanung vitamin tersebut. Vitamin ini berguna dalam menjaga kesehatan mata.

6. Menyumbang kolesterol baik
Kacang kedelai tidak mengandung lemak jahat, namun malah sebaliknya, ia memiliki lemak baik didalamnya.  Sehingga ini sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol, jadi rajin-rajinlah memakan kacang hijau.

7. Membantu proses penyembuhan luka
Vitamin A selain mampu menjaga kesehatan mata. Kacang hijau inin juga membantu dalam proses penyembuhan luka kulit dan juga menjaga kesehatan jaringan di tubuh.

8. Mencegah terjadinya kanker usus
Kadar serat yang lumayan tinggi ini sangat baik dalam membersihkan pencernaan dari zat beracun. Sehingga tentu ini bisa dijadikan alat untuk kurangi resiko gangguan di pencernaan misalnya seperti kanker usus.

9. Bermanfaat untuk ibu hamil
Bagi ibu hamil, kacang hijau ini sangat dianjurkan. Ini karena, kacang hijau mengandung vitamin B1, B2, karbohidrat, asam folat, lemak tak jenuh, fosfor, kalsium dan protein yang dibutuhkan abgi proses perkembangan kehamilan dan janin.

10.Baik untuk kesehatan tulang dan gigi
Phosphor dan kalsium yang terkandung dalam kacang hijau ini sangat membantu dalam proses regenerasi pembentukan tulang serta gigi.

11. Mendukung dalam proses pembentukan sel baru
Protein lengkap dalam kacang hijau memiliki guna untuk membantu pembentukan sel dalam tubuh. Misalnya membantu dalam pembentukan sel otot, otak serta organ tubuh yang lainnya.

12. Mampu melancarkan sirkulasi dalam darah
Manfaat kacang hijau yang selanjutnya yaitu mampu membersihkan lemak jenuh yang ada di arteri. Ini tentu bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh.

13. Meningkatkan sistem syaraf
Kandungan vitamin B1 bisa membantu dalam meningkatkan performa sistem syaraf.

14. Manfaat kacang hijau sebagai zat antioksidan
Kacang hijau juga dapat membantu mencegah proses penuaan dini dan juga mencegah kanker.

Sekian artikel seputar manfaat kacang hijau bagi kesehatan.

Leave a Reply