13 Manfaat Daun Singkong Bagi Kesehatan Kita

Posted on

Manfaat Daun Singkong – Singkong? Siapa yang tak tahu singkong. SIngkong merupakan salah satu makanan yang mengandung karbohidrat. Ia bisa dijadikan makanan alternatif dari nasi maupun jagung. Singkong bisa digunakan untuk membuat nasi tiwul. Biasanya nasi tiwul ini ditemukan di daerah dataran tinggi atau daerah pegunungan.

Namun tahukah kamu mengenai manfaat daun singkong? Daun singkong juga bermanfaat  bagi kita. Daun singkong juga merupakan sayuran yang enak. Ia banyak digemari oleh berbagai kalangan masyarakat di berbagai kawasan di indonesia. Daung Singkong  ini sudah akrab untuk indera pengecap orang indonesia terutama yang tinggal di daerah yang statusnya perdesaan. Tanaman singkong ini banyak dibudidayakan. Ini mungkin karena cara perawatannya yang mudah dan cukup simpel. Walau mungkin terbilang aneh bagi orang kota, coba liat sejenak mengenai sejuta manfaat daun singkong ini.

Manfaat Daun Singkong

Khasiat daun singkong ternyata juga telah akrab sebagai salah satu sajian lalapan yang menggiurkan lidah kita. Sehingga lidah mampu bergoyang-goyang. Selain itu, singkong juga bisa dimasak dengan santan. Selain digemari karena memang rasanya itu nikmat, manfaat daun singkong juga tak kalah hebat. Ini adalah beberapa manfaat daun singkong yang lezat di lidah dan perut.

Kandungan Daun Singkong

Kandungan dalam daun singkong cukup bervariasi. Ya seperti sayur lainnya lah. Serat di dalamnya juga tergolong cukup lumayan. Berikut ini dia.

  • Serat
  • Vitamin A, dan vitamin B1
  • Karbohidrat
  • Asam amino essensial
  • Protein

Beberapa nutrisi lainnya yang tekandung yaitu vitamin B1, vitamin A, asam amino essensial serta karboidrat. Ini tentu membuat daun singkong sangat baik jika dikonsumsi sebagai menu harian kita.


1. Manfaat daun singkong dapat menyembuhkan stroke
Seperti hasil penelitian, ia menyebutkan bahwa daun singkong ini telah teruji dan juga terbukti untuk mengobati sakit stroke. Ini karena dalam kandungan daun singkong terdapat isoflavon yang sangat bagus untuk mengobati penyakit stroke.

2. Daun singkong mampu meningkatkan daya tahan tubuh
Daun singkong juga memiliki kandungan vitamin c yang cukup tinggi. Sehingga ia juga mampu membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Bermanfaat untuk kesehatan mata
Selain dari vitamin C, daun singkong juga memiliki vitamin A yang cukup tinggi pula. Tak ayal lagi, daun singkong ini memiliki khasiat cukup ampuh dalam menjaga mata supaya tetap sehat.

4. Berguna juga untuk mencegah osteoporosis
Tahukah kamu? ternyata daun singkong ini juga bisa kita gunakan dalam mencegah terserangnya penyakit osteoporosis. Hal ini disebabkan karena daun singkong memiliki kandungan fosfor serta kalsium. Zat-zat tersebut berperan aktif untuk menjaga kesehatan tulang.

5. Manfaat daun singkong dalam penyembuh luka
Daun singkong juga kaya akan serat dan zat besi. Zat tersebut memiliki peran dalam mempercepat penyembuhan luka. Berguna juga dalam mengurangi bekas luka sehabis terlukanya pulih.

6. Dapat mencegah penuaan dini
Khasiat ini mungkin adalah yang paling disukai. Membuat tubuh menjadi awet muda. Mengkonsumsi daun singkong secara rutin bisa menjadi pengganti dari pengobatan kimia. Selain bisa lebih awet muda, ini juga tanpa efek samping.

7. Dapat melancarkan metabolisme tubuh
Daun singkong juga merupakan sumber protein nabati. Protein ini merupakan jenis protein nabati dan banyak di dalamnya mengandung vitamin B. Vitamin B ini berguna juga untuk membangun sel-sel tubuh yang dapat membentuk enzim-enzim. Enzim tersebut lah yang membantu metabolisme dalam tubuh.

8. Singkong juga bermanfaat sebagai sumber energi
Protein (asam amino essensial) pada daun singkong dapat membantu menghasilkan energi. Asam amino essensial berperan dalam merubah karbohidrat ke dalam bentuk energi yang dapat digunakan untuk berkegiatan apa pun.

9. Berperan sebagai antioksidan
Daun pada tanaman singkong juga menghasilkan antioksidan. Antioksidan ini baik dalam mencegah serta membasmi radikal bebas. Radikal bebas merupakan penyebab suatu penyakit yang berbahaya misalnya yaitu kanker. Radikal bebas juga dapat mengakibatkan penuaan dini.

10. Dapat membantu pembentukan serta regenerasi sel
Asam amino esensial juga bermanfaat dalam menjaga dan meregenerasi sel. Ini adalah fungsi mendasar dari senyawa protein.

11. Membantu proses diet
Daun singkong juga dapat berguna dalam program diet. Ini karena serat serta protein yang tinggi adalah salah satu menu diet yang sehat.

12.Daun singkong baik untuk pencernaan
Dengan mengkonsumsi daun singkong secara berkelanjutan akan menunjukkan efek yang cukup baik untuk pencernaan kita.

13. Mampu membantu menambah darah
Daun singkong juga merupakan sayuran penambah darah. Ini baik nagi anda yang menderita atau terkena anemia.

Demikian artikel mengenai beberapa manfaat daun singkong. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *