10 Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan

Posted on

Manfaat Air Kelapa Muda – Kelapa merupakan tanaman yang mudah ditemui di indonesia. Dan hampir semua bagian dari tanaman tersebut bisa dimanfaatkan. Kegunaan air kelapa untuk kesehatan diantaranya yaitu sebagai minuman isotonik.

Air kelapa menjadi salah satu minuman yang sangat dinikmati oleh masyarakat indonesia. Air kelapa memiliki rasa yang segar serta manis, selain itu, ternyata ia juga memiliki berjuta khasiat yang berperan penting untuk tubuh. Khasiat dan manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh memang sangat beragam, umumnya orang-orang mengetahui air kelapa bermanfaat untuk ceggah terjadinya dehidrasi.

manfaat air kelapa muda

Air kelapa sudah tidak diragukan lagi, buah kelapa memiliki banyak manfaat didalamnya. Hingga saat ini sudah banyak produk-produk makanan serta minuman yang terbuat dari buah kelapa. Sehingga ini tentu akan memudahkan orang-orang untuk mengkonsunsi buah dan air kelapa.

Zat antioksidan yang terdapat dalam air kelapa ini bisa dimanfaatkan sebagai zat anti-aging. Apabila seseorang meminum air kelapa secara kontinyu, maka ia akan memiliki kekebalan tubuh lebih baik serta dapat terhindar dari agresi sakit ringan.

Kandungan Air Kelapa Muda
Air kelapa muda merupakan saripati dari buah kelapa muda. Didalamnya mengandung berbaga zat gizi dan nutrisi, vitamin, mineral. Sebagai sumber tenaga, air kelapa muda juga mengandung gula sederhana yaitu glukosa. Dan sebagai sumber zat pembangun, air kelapa juga mengandung zat protein. Setidaknya, air kelapa ini mengandung 12 macam protein. Protein tersebut yaitu alanin, arginin, asam aspartat, asam glutamat, histidin, fenilalanin, tirosin.

Air kelapa muda juga mengandung sangat banyak mineral. Diantaranya yatiu  natrium, kalium, kalsium, magnesium, besi, dan tembaga. Ada juga berbagai jenis vitamin di dalamnya. Vitamin tersebut yaitu vitamin C dan vitamin B yang kumplit.

 

Manfaat Air Kelapa Muda

Khasiat dan manfaat air kelapa bagi kesehatan sangat berperan dalam menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh. Selanjutnya kita akan membahasnya sebagai berikut ini.

1. Air kelapa muda dapat atasi dehidrasi
Air kelapa sudah dimanfaatkan dalam mengatasi kekurangan air. Kekurangan air bisa terjadi karena kita terserang disentri, kolera, diare dan flu perut. Keseimbangan elektrolit serta plasma yang dimiliki oleh air kelapa, di beberapa penelitian menggambarkan bahwa cairannya isotonik dengan darah. Oleh karena itu lah meminum air kelapa setelah olahraga dapat membantu untuk mengisi cairan tubuh yang telah hilang.


2. Air Kelapa dapat mencegah penuaan dini
Air kelapa mengandung asam laurat dan sitokin. Kedua zat ini berguna dalam proses pertumbuhan dan regulasi sel. Kadungan ini memiliki peran yang signifikan untuk anti-penuaan dini, anti-karsinogenik dan anti-trombotik. Sehingga ia dapat membantu dalam mengurangi penuaan kulit, serta menyeimbangkan tingkat ph dan menjaga jaringan kulit.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Air ini sangat memiliki banyak nutrisi dan vitamin. Misalnya seperti riboflavin, niasin, thiamin & piridoksin, serta folat. Air kelapa juga bersifat sebagai anti-virus dan anti-bakteri. Sehingga air kelapa ini dapat membantu dalam meningkatkan sistem imunitas dan kekebalan tubuh. Mampu juga dalam melawan infeksi virus mirip flu.

4. Sakit batu ginjal
Air kelapa dapat membantu dalam melarutkan batu ginjal. Ini karena ia memiliki kandungan kalium dodalamnya yang memiliki peran sebagai kunci dalam proses alkali urin serta mencegah pembentukan batu ginjal.

5. Air kelapa sangat baik bagi ibu hamil
Air kelapa juga merupakan salah satu minuman sehat untuk para ibu hamil. Alasannya yaitu karena ia dapat meredakan ‘morning sickness’ dan mencegah muntah-muntah. Selain kandungan seperti elektrolit, kalsium, potasium, sodium. Air kelapa juga memiliki vitamin C di dalamnya yang dibutuhkan sewaktu wanita hamil.

6. Mampu mengontrol diabetes
Air kelapa juga memiliki kemampuan untuk membantu mengontrol diabetes. Jika mengkonsumsi air kelapa secara teratur, kita dapat meningkatkan peredaran darah. Ini tentu sangat membantu untuk melebarkan pembuluh darah yang mengecil karena pembentukan plak. Ia juga bermanfaat untuk membantu darah mengalir lancar, sehingga dapat mengurangi diabetes. Selain itu, air kelapa juga dapat membantu dalam mengatasi aterosklerosis.

7. Air kelapa mengandung antioksidan
Air kelapa memiliki komposisi antioksidan yang cukup baik untuk membantu membersihkan radikal bebas. Efek racun penggunaan antibiotik dan obat sulfa juga bisa di atasi dengan konsumsi buah ini. Pada ketika memakan obat, air kelapa juga baik karena akan membantu mempermudah penyerapan.

8. Air kelapa bermanfaat untuk kesehatan kulit
Jika memiliki jerawat. Kita bisa mencegahnya dengan air kelapa ini.
Caranya yaitu dnegan cara mengusapkan air kelapa kebagian wajah dan biarkan selama satu malam. Ia dapat mengatasi jerawat, hal ini keran ia mampu memperbaiki dan baik untuk kulit.

9. Baik untuk pencernaan
Air kelapa juga baik bagi kesehatan perut. INi karena dalam air kelapa juga mengandung enzim bioaktif yaitu seperti asam folat, fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, rna polimerase. Enzim-enzim tersebut dapat mempermudah pencernaan dan metabolisme. Air kelapa juga mengandung mineral yang lebih. Misalnya seperti kalsium, mangan dan seng.

10. Air kelapa muda juga bisa menurunkan berat badan
Air kelapa sudah terbukti efektif dalam menurunkan berat badan. Minuman yang satu ini meupakan cara sehat dalam menurunkan berat badan. Hal ini karena ia merupakan minuman alami dan tidak di mengandung bahan kimia apapun. Perut akan terasa merasa kenyang karena air kelapa sangat mudah diserap tubuh hingga dapat menunda rasa lapar anda.

Leave a Reply